A. Pengertian
membaca
I.
Pengertian membaca menurut ahli
·
Membaca adalah proses berpikir, yang termasuk di
dalamnya adalah mengartikan, menafsirkan arti, dan menerapkan ide dari
lambang.(Carter)
·
Membaca ialah suatu proses yang dilakukan serta
digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui
media bahasa tulis.Dalam hal ini, membaca selain sebagai suatu proses, juga
bertujuan. [Hodgson dalam Tarigan (1985:7)]
·
Membaca adalah suatu proses kegiatan mencocokkan huruf
atau melafalkan lambang-lambang bahasa tulis. [Anderson dalam Tarigan
(1985:7)]. Hal ini sesuai dengan membaca pada level rendah.
·
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa
yang termasuk di dalam retorika seperti keterampilan berbahasa yang lainnya
(berbicara dan menulis) (Haryadi 2007:4).
II.
Pengertian membaca secara umum
·
Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang
berkaitan dengan keterampilan berbahasa lainnya.
·
Jadi, membaca merupakan salah satu keterampilan
berbahasa, proses aktif, bertujuan, serta memerlukan strategi tertentu sesuai
dengan tujuan dan jenis membaca.
B. Jenis-Jenis
Membaca
1.
Sasaran pembaca:
-
Membaca permulaan adalah tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol-simbol
atau tanda-tanda yang berkaitan dengan huruf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan
ketahap membaca permulaan.
Contoh : menaytukan huruf menjadi kata, kata menjadi kata-kata tanpa
memahami isinya
-
Membaca lanjutanadalah proses penguasaan
membaca untuk memperoleh isi pesan yang terkandung dalam tulisan
Contoh : Anak kelas
tiga menyambung kata-kata dan memiliki makna
2. Cara
membaca :
-
Membaca nyaring : kegiatan membaca
dengan menyuarakan tulisan yang dibacanya dengan ucapan dan intonasi yang tepat
agar pendengar dan pembaca dapat menangkap informasi yang disampaikan oleh
penulis, baik yang berupa pikiran, perasaan, sikap, ataupun pengalaman penulis.
Contoh : Membaca Puisi di depan kelas, membaca
dongeng di depan kelas, membaca berita di depan kelas.
-
Membaca dalam hati :
Membaca dalam hati
adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan tanpa menyuarakan isi bacaan yang
dibacanya.
Contoh : Membaca bahan
ujian
3. Cakupan
materi :
-
Ekstensif = Proses membaca yang
dilakukan secara luas, bahan bacaan yang digunakan bermacam-macam dan waktu
yang digunakan cepat dan singkat. Bertujuan hanya sekadar memahami isi yang
penting dari bahan bacaan dengan waktu yang singkat dan cepat.
Contoh : membaca koran
-
Intensif merupakan aktivitas yang
dilakukan seseorang untuk membaca secara cermat untuk memahami suatu teks
secara cepat dan akurat
Contoh : membaca resep
untuk pasien
4. Tujuan
membaca :
-
Membaca Studi membaca untuk kepentingan
studi adalah kegiatan membaca yang dilakukan pembaca untuk menunjang
kepentingan studinya.
Contoh : membaca buku
pelajaran
-
Membaca Kreatif adalah kegiatan membaca yang tidak hanya
sekedar menangkap makna tersurat, makna antar baris, tetapi juga mampu secara
kreatif menerapkan hasil membacanya untuk kehidupan sehari-hari.
Contoh: membaca puisi,
membaca pantun.
5. Tingkatan
tujuan :
-
Membaca dasar adalah membaca buku
pelajaran yang dilakukan oleh anak SD
Cotoh: membaca buku
pelajaran saat kelas 1 sampai kelas 4
-
Membaca tinjauan adalah membaca yang
dilakukan untuk pengumpulan data
Contoh : pencarian
literatur
-
Membaca analtik adalah membaca kritis
sambil memahami makna bacaan
Contoh membaca untuk
mencari informasi dari bahan jurnal
-
Membaca membandingkan adalah membaca
dengan menganalisis bahan bacaan dengan film.
Contoh membandingkan
antara novel dan novel yang difilemkan
6. Teknik
mencari informasi
-
Selecting adalah membaca dengan memilih
bagian-bagian bacaaan yang penting.
Contoh : membaca surat
kabar
-
Skipping adalah membaca yang mengabaikan
atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang tidak dimengerti
Contoh : membaca bab
yang ingin dibaca dengan melompat- lompat
-
Skiming adalah membaca teks secara
cepat, menyeluruh untuk memperoleh gambaran umum, bagian penting, dan
menyegarkan ingatan apa yang pernah kita baca
Contoh : membaca
spanduk di pinggir jalan
-
Scanning adalah membaca cepat, teliti
untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu.
Contoh : mencari nomor
telepon, mencari kata di kamus
C. Cara
membaca yang efektif menururt kelompok :
1. Menentukan
tujuan yang akan dicari dalam suatu bahan bacaan
2. Membaca
judul buku
3. Membaca
kesesuaian hal yang akan dicari dengan judul buku
4. Jangan
membaca berulang-ulang karena akan membuang waktu
5. Membaca
hanya pada bagian yang ingin dicari
D. Cara
membaca berdasarkan SQ3R
1. Survey
: penelaahan sepintas terhadap struktur teks
2. Questions
: menyusun pertanyaan yang jelas singkat dan relevan dnegan bahan bacaan.
3. Read
: membaca secara aktif dalam rangka mencari jawaban dari pertanyaan yang telah
disusun sebelumnya
4. Recite : Menyebutkan dan menceritakan kembali
jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya
5. Review
: Melakukan peninjauan ulang atas seluruh pertanyaan dan jawaban untuk
memperoleh kesimpulan.
E. Cara
membaca dengan tekhnik KWLH
1. K (know) yang berarti apa yang telah diketahui atau
pengetahuan apa yang dimiliki seoarng pembaca sebelum ia membaca suatu
bacaan. Misalnya seperti seorang
murid telah tahu mengetahui suatu perkara
2. W (want) yang
berarti apa yang hendak diketahui oleh seorang pembaca sebelum membaca suatu
bacaan
3.
L (learned)
yang berarti apa yang telah diketahui atau diperoleh seorang pembaca setelah
melakukan kegiatan membaca.
4. H (how) yang
berarti bagaimana cara seorang pembaca untuk mendapatkan informasi
tambahan yang berkaitan dengan kegiatan pembacaan selanjutnya. Seperti
informasi yang diperoleh melalui media tv, internet atau sumber-sumber lain
yang sejenis (untuk membaca seterusnya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar