Selasa, 13 Oktober 2015

Konsep dan Teori Membaca

         A.    Pengertian membaca
                        I.          Pengertian membaca menurut ahli
·         Membaca adalah proses berpikir, yang termasuk di dalamnya adalah mengartikan, menafsirkan arti, dan menerapkan ide dari lambang.(Carter)
·         Membaca ialah suatu proses yang dilakukan serta digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis.Dalam hal ini, membaca selain sebagai suatu proses, juga bertujuan. [Hodgson dalam Tarigan (1985:7)]
·         Membaca adalah suatu proses kegiatan mencocokkan huruf atau melafalkan lambang-lambang bahasa tulis. [Anderson dalam Tarigan (1985:7)]. Hal ini sesuai dengan membaca pada level rendah.
·         Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang termasuk di dalam retorika seperti keterampilan berbahasa yang lainnya (berbicara dan menulis) (Haryadi 2007:4).
                     II.          Pengertian membaca secara umum
·         Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa lainnya.
·         Jadi, membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa, proses aktif, bertujuan, serta memerlukan strategi tertentu sesuai dengan tujuan dan jenis membaca.

B.     Jenis-Jenis Membaca
1.         Sasaran pembaca:
-            Membaca permulaan adalah tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol-simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan huruf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan.
Contoh : menaytukan huruf menjadi kata, kata menjadi kata-kata tanpa memahami isinya
-            Membaca lanjutanadalah proses penguasaan membaca untuk memperoleh isi pesan yang terkandung dalam tulisan
Contoh : Anak kelas tiga menyambung kata-kata dan memiliki makna

2.      Cara membaca :
-          Membaca nyaring : kegiatan membaca dengan menyuarakan tulisan yang dibacanya dengan ucapan dan intonasi yang tepat agar pendengar dan pembaca dapat menangkap informasi yang disampaikan oleh penulis, baik yang berupa pikiran, perasaan, sikap, ataupun pengalaman penulis.
Contoh  : Membaca Puisi di depan kelas, membaca dongeng di depan kelas, membaca berita di depan kelas.
-          Membaca dalam hati :
Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan tanpa menyuarakan isi bacaan yang dibacanya.
Contoh : Membaca bahan ujian
3.      Cakupan materi :
-            Ekstensif = Proses membaca yang dilakukan secara luas, bahan bacaan yang digunakan bermacam-macam dan waktu yang digunakan cepat dan singkat. Bertujuan hanya sekadar memahami isi yang penting dari bahan bacaan dengan waktu yang singkat dan cepat.
Contoh : membaca koran
-            Intensif merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk membaca secara cermat untuk memahami suatu teks secara cepat dan akurat
Contoh : membaca resep untuk pasien

4.      Tujuan membaca :
-          Membaca Studi membaca untuk kepentingan studi adalah kegiatan membaca yang dilakukan pembaca untuk menunjang kepentingan studinya.
Contoh : membaca buku pelajaran
-          Membaca Kreatif  adalah kegiatan membaca yang tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat, makna antar baris, tetapi juga mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya untuk kehidupan sehari-hari.
Contoh: membaca puisi, membaca pantun.
5.      Tingkatan tujuan :
-          Membaca dasar adalah membaca buku pelajaran yang dilakukan oleh anak SD
Cotoh: membaca buku pelajaran saat kelas 1 sampai kelas 4

-          Membaca tinjauan adalah membaca yang dilakukan untuk pengumpulan data
Contoh : pencarian literatur
-          Membaca analtik adalah membaca kritis sambil memahami makna bacaan
Contoh membaca untuk mencari informasi dari bahan jurnal
-          Membaca membandingkan adalah membaca dengan menganalisis bahan bacaan dengan film.
Contoh membandingkan antara novel dan novel yang difilemkan
6.      Teknik mencari informasi
-          Selecting adalah membaca dengan memilih bagian-bagian bacaaan yang penting.
Contoh : membaca surat kabar
-          Skipping adalah membaca yang mengabaikan atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang tidak dimengerti
Contoh : membaca bab yang ingin dibaca dengan melompat- lompat
-          Skiming adalah membaca teks secara cepat, menyeluruh untuk memperoleh gambaran umum, bagian penting, dan menyegarkan ingatan apa yang pernah kita baca
Contoh : membaca spanduk di pinggir jalan
-          Scanning adalah membaca cepat, teliti untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu.
Contoh : mencari nomor telepon, mencari kata di kamus

C.     Cara membaca yang efektif menururt kelompok :
1.      Menentukan tujuan yang akan dicari dalam suatu bahan bacaan
2.      Membaca judul buku
3.      Membaca kesesuaian hal yang akan dicari dengan judul buku
4.      Jangan membaca berulang-ulang karena akan membuang waktu
5.      Membaca hanya pada bagian yang ingin dicari


            D.      Cara membaca berdasarkan SQ3R
1.      Survey : penelaahan sepintas terhadap struktur teks
2.      Questions : menyusun pertanyaan yang jelas singkat dan relevan dnegan bahan bacaan.
3.      Read : membaca secara aktif dalam rangka mencari jawaban dari pertanyaan yang telah disusun sebelumnya
4.      Recite       : Menyebutkan dan menceritakan kembali jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya
5.      Review : Melakukan peninjauan ulang atas seluruh pertanyaan dan jawaban untuk memperoleh kesimpulan.

     E.     Cara membaca dengan tekhnik KWLH
1.  K (know) yang berarti apa yang telah diketahui atau pengetahuan apa yang dimiliki  seoarng pembaca sebelum ia membaca suatu bacaan. Misalnya seperti seorang  murid telah tahu mengetahui suatu perkara
2.  W (want) yang berarti apa yang hendak diketahui oleh seorang pembaca sebelum membaca suatu bacaan
3.      L (learned) yang berarti apa yang telah diketahui atau diperoleh seorang pembaca setelah melakukan kegiatan membaca.
4.   H (how) yang berarti bagaimana cara seorang pembaca untuk mendapatkan informasi  tambahan  yang berkaitan dengan kegiatan pembacaan selanjutnya. Seperti informasi yang diperoleh melalui media tv, internet atau sumber-sumber lain yang sejenis (untuk membaca seterusnya). 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar